18 October 2024

Jumat (12/07/2024), Kordinator Prodi Doktoral Teknik Sipil Prof. Muh. Galib Ishak bersama dengan Kordinator Prodi Magister Teknik Sipil Prof. I Wayan Sutapa Pascasarjana Universitas Tadulako beserta staf prodi melakukan studi banding (benchmarking) ke Fakultas Teknik Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Dalam sambutannya Prof. Ir. Yoyong Arfiadi, M.Eng., Ph.D selaku Ketua Departemen Teknik Sipil mengucapkan terima kasih serta apresiasi kepada Prodi Doktoral Teknik Sipil dan Magister Teknik Sipil Pascasarjana Univ. Tadulako telah mempercayakan Fakultas Teknik Universitas Atmajaya khususnya Departemen Teknik Sipil Univ. Atmajaya sebagai objek studi banding. Pada kesempatan tersebut Prof. Yoyong memperkenalkan juga Kaprodi beserta Wakil Dekan Bagian Keuangan dan Umum Fakultas Teknik Universitas Atmajaya Dr. Ir. Sumiyati Gunawan, S.T., M.T.

Dalam pemaparannya, Prof. Yoyong bersama para Kaprodi Fakultas Teknik Univ. Atmajaya memberikan penjelasan yang meliputi; visi dan misi Fakultas Teknik dan Departemen Teknik Sipil, pengelolaan administrasi, proses penerimaan maba, pengenalan bidang keahlian, kurikulum, daftar mata kuliah dan konsentrasi peminatan serta program-program kerjasama yang dilakukan untuk pengembangan sumber daya manusia baik dari segi mahasiswa maupun staf yang bisa memberi output positif bagi masyarakat.

Adapun yang menjadi fokus riset Departemen Teknik Sipil adalah sistem infrastruktur dan konstruksi maju. “Struktur kurikulum pada Departemen Teknik sendiri meliputi 1 mata kuliah teori dan selanjutnya disesuaikan dengan bidang peminatan masing-masing mahasiswa yang berbasis riset”, tambah Prof. Yoyong.

Selanjutnya, Kordinator Prodi Doktoral Teknik Sipil dan Prodi Magister Teknik Sipil beserta staf diajak berkeliling untuk melihat ruang praktek mahasiswa serta model-model praktikum/alat peraga yang digunakan mahasiswa sebagai alat untuk meneliti dan menemukan fakta baru yang bisa meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa terhadap teori atau ilmu yang telah diajarkan sehingga mahasiswa bisa menafsirkan dengan baik ilmu atau teori yang telah dipelajari terutama dalam hal problem solving.

Foto Bersama dengan Ketua Departemen Teknik Sipil Univ. Atmajaya Prof. Yoyong (tengah depan), Wakil Dekan Bid. Keuangan dan Umum (urutan kedua dari kanan belakang) dan Ketua-ketua Prodi Fakultas Teknik Univ. Atmajaya
IMG_20240610_160521-1024x768.jpg IMG_20240805_094216-1024x768.jpg