19 October 2024

Sebagai bentuk implementasi kerjasama antara Pascasarjana Univ. Tadulako dengan Univ. Hasanuddin Makassar, koordinator prodi S3 teknik sipil pascasarjana untad Prof. Galib Ishak dan salah satu dosen teknik sipil yang juga menjabat sebagai ketua gugus kendali mutu prodi S3 sipil untad Dr. Yassir Arafat bersama staf prodi S3 teknik sipil untad melakukan kunjungan ke Departemen Teknik Sipil Univ. Hasanuddin dalam rangka studi banding (Kamis, 16/11/2023).

Sebelumnya, prodi S3 Teknik Sipil Pascasarjana Univ. Tadulako telah menyurat kepada Ketua Departemen Teknik Sipil Univ. Hasanuddin untuk melakukan studi banding pada prodi doktoral teknik sipil unhas.

Adapun tujuan pelaksanaan studi banding tersebut adalah untuk melihat model kurikulum, rencana pembelajaran semester (RPS), serta melihat proses perkuliahan dan praktikum hingga tahap-tahap penyusunan disertasi mahasiswa S3 Teknik Sipil Univ. Hasanuddin.

Dengan didampingi oleh dosen bersama staf S3 teknik sipil unhas dan unit penjaminan mutu unhas, Prof. Galib dan rombongan diperlihatkan dokumen-dokumen yang menjadi bahan studi banding serta dijelaskan bagaimana proses penyusunan kurikulum dan RPS dibuat.

Berdasarkan keterangan para staf dan dosen teknik sipil unhas, saat ini kurikulum S3 teknik sipil unhas terbagi menjadi 2 yaitu kurikulum untuk jalur kuliah dan riset serta kurikulum untuk jalur riset.

Setelah melihat dan mempelajari model kurikulum, RPS hingga tahap-tahap penyusunan disertasi mahasiswa, Prof. Galib beserta rombongan diajak berkeliling ke ruang-ruang kelas mahasiswa untuk melihat proses pembelajaran mahasiswa dan ke laboratorium mahasiswa untuk melihat model praktikum apa saja yang dipelajari dan menjadi riset oleh mahasiswa S3 teknik sipil unhas.

Sebagai salah satu prodi yang masih terbilang baru pada pascasarjana untad, kunjungan tersebut kiranya bisa menjadi referensi dan penyegaran bagi program studi S3 teknik sipil pascasarjana untad dalam melakukan penyusunan kurikulum dan RPS serta bisa menciptakan metode-metode baru pada proses pembelajaran mahasiswa hingga proses pembimbingan dan penyusunan disertasi mahasiswa.